Profil

Program studi S1 Ilmu Keperawatan adalah salah satu Program studi yang diselenggarakan oleh STIKES Nani Hasanuddin Makassar berdasarkan SK Mendiknas RI No. 107/D/O/2004 tanggal 5 Agustus 2004 dan mendapatkan perpanjangan ijin Dikti No. 3309/D/T/2006 tertanggal 1 September 2006 dan berlaku 4 tahun. Pada tahun 2011, STIKES Nani Hasanuddin Makassar mendapatkan perpanjangan ijin untuk program studi S1 Ilmu Keperawatan dengan nomor 6095/D/T/K-IX/2011 dan berlaku 4 tahun. Program studi S1 Ilmu Keperawatan telah terakreditasi oleh LAM-PTKes dengan Nilai C berdasarkan SK Ketua LAM-PTKes No. 0298/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2016 tanggal 31 Januari 2016 berlaku s.d 30 Januari 2021.

Program studi S1 Ilmu Keperawatan menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menghasilkan Sarjana Keperawatan dengan gelar S.Kep yang nantinya berpeluang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Profesi Ners ataupun jenjang Magister sesuai dengan minat masing-masing. Lulusan Program studi S1 Ilmu Keperawatan belum dapat bekerja sebagai tenaga kesehatan sebelum mengikuti pendidikan Profesi Ners. Kewenangan lulusan Program studi S1 Ilmu Keperawatan sebelum mengambil Program Profesi hanya terbatas pada bekerja sebagai pendidik dan promotor kesehatan (educator and health promotor) dan peneliti (researcher). Kewenangan lulusan setelah menyelesaikan Program Profesi Ners bertambah 3 (tiga) yakni Pemberi Pelayanan (Care Provider), Komunikator (Communicator), Manajer dan Pemimpin (Manager and Leader) di tatanan pelayanan baik di rumah sakit/puskesmas maupun masyarakat.

Program studi S1 Ilmu Keperawatan diselenggarakan dengan masa pendidikan 4 – 7 tahun. Program studi ini menerima mahasiswa dari SMA/SMK/MA sederajat melalui seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan setiap tahun pada Bulan Mei – Agustus setiap tahunnya. Program studi ini juga menerima mahasiswa baru untuk program alih jenjang dari lulusan D3 Keperawatan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1 (S1 Keperawatan). Program alih jenjang (konversi) dilaksanakan dengan masa pendidikan 3 semester (1,5 tahun) – 6 semester (3 tahun). Program alih jenjang menerima mahasiswa baik dari lulusan D3 Keperawatan STIKES Nani Hasanuddin Makassar maupun alumni D3 Keperawatan dari institusi di luar STIKES Nani Hasanuddin dengan ketentuan berasal dari institusi pendidikan yang terakreditasi minimal C dan bukan alumni kelas jarak jauh.

 Visi

Menjadi program studi s1 keperawatan yang menghasilkan lulusan yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan keperawatan, mampu bersaing secara nasional, mengembangkan keilmuan, dan mengakomodasi kebutuhan pasar baik lokal maupun nasional tahun 2020

Misi

  1. Menghasilkan lulusan keperawatan yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan keperawatan, berjiwa pancasila, berfikir ilmiah, kreatif, produktif, mampu mengembangkan diri sehingga mampu bersaing secara nasional, mengembangkan ilmu pengetahuan keperawatan, dan mengakomodasi kebutuhan pasar lokal dan nasional.
  2. Menghasilkan penelitian keperawatan yang berdampak pada pengembangan ilmu dan keterampilan keperawatan
  3. Mengembangkan pengabdian masyarakat berbasis riset untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat

Tujuan

Menghasilkan sarjana keperawatan yang memiliki sikap dan kemampuan :

  1. Berjiwa Pancasila serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan sesama manusia sesuai dengan etika keperawatan.
  2. Menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan.
  3. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi keperawatan maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.
  4. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu keperawatan sesuai bakatnya dengan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
  5. Menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi ilmu keperawatan sehingga mampu menerapkan ilmu dan teknologi yang dimilikinya unuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan

Dosen Tetap

  1. Dr. Yasir Haskas, SE.,M.MKes
  2. Dr. Darwis, S.Pd.,M.Kes
  3. Dr. H. Muzakkir, S.SiT.,M.Kes
  4. Dr. Yusran Haskas, SKM.,S.Kep,Ns.,M.Kes
  5. Dr. Suarnianti, SKM.,S.Kep,Ns.,M.Kes
  6. Dr. Azniah, SKM.,M.Kes
  7. Ns. M. Askar, S.Kep.,M.Kes
  8. Ns. Ernawati, S.Kep.,M.Kes
  9. Ns. Mahyuddin, S.Kep.,M.Kes
  10. Ns. Arham Alam, S.Kep.,M.KKK
  11. Ns. Baharuddin, S.Kep.,M.Kes
  12. Ns. Chaeruddin, S.Kep.,M.Kes
  13. Ns. Dahrianis, S.Kep.,M.Kep
  14. Ns. Hasanuddin, M.Kes
  15. Ns. Alfiah A.,M.Kep
  16. Ns. Marlinah, S.Kep.,M.Kep
  17. Ns. Junaiddin, S.Kep.,M.Kes
  18. Ns. Maryam Jamaluddin, S.Kep.,M.Kes
  19. Ns. Nurhidayah, S.Kep.,M.Kep
  20. Ns. Rusni Mato, S.Kep.,M.Kes
  21. Ns. Suhartatik, S.Kep,Ns.,M.Kes
  22. Ns. Syaiful, S.Kep.,M.Kep
  23. Ns. Syaifuddin Zainal, S.Kep.,M.Kes
  24. Ns. Merlis Simon, S.Kep.,M.Kes
  25. Ns. Irmayani, S.Kep.,M.Kes
  26. Ns. Misbahuddin Alif, S.Kep.,M.Kes
  27. Ns. Akmal, S.Kep
  28. Ns. Andi Fajriansi, S.Kep
  29. Ns. Ardian Adhiwijaya, S.Kep
  30. Ns. Baso Dirwan, S.Kep
  31. Ns. Hasriana, S.Kep
  32. Ns. Herman, S.Kep
  33. Ns. Sudirman, S.Kep
  34. Ns. Indra Dewi, S.Kep
  35. Ns. Irma Idris, S.Kep
  36. Ns. Ismail, S.Kep
  37. Ns. St. Saidah, S.Kep
  38. Ns. Wahyuni Maria Prasetyo, S.Kep
  39. Ns. Rosmini Rasimin, S.Kep
  40. Ns. Munawir, S.Kep