Profil Program studi D3 Kebidanan

Program studi D III Kebidanan dilaksanakan oleh STIKES Nani Hasanuddin Makassar berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 940/D/T/2007 tentang Ijin Penyelenggaraan Program studi D III Farmasi dan D III Kebidanan. Perpanjangan Ijin Dirjen Dikti No. 2898/D/T/K-IX/2010 berlaku sampai dengan tanggal 09 Juli 2013. Untuk perpanjangan ijin selanjutnya didasarkan pada masa berlaku akreditasi. Program studi D3 Kebidanan telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan Nilai C berdasarkan SK Ketua BAN-PT No. 019/BAN-PT/AK-XII/Dpl-III/VIII/2012 tanggal 03 Agustus 2012 berlaku s.d tanggal 03 Agustus 2017 dan saat ini dalam proses Re-Akreditasi.

Program studi D III Kebidanan menyelenggarakan Pendidikan Bidan untuk menjadi Ahli Madya Kebidanan dengan gelar A.Md.Keb yang akan bekerja sebagai tenaga bidan yang handal dan profesional di tatanan pelayanan kesehatan baik di Rumah sakit, Puskesmas, Klinik bersalin, dan dapat menyelenggarakan Praktik Mandiri Bidan setelah mendapatkan ijin sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pelaksanaan pendidikan dilaksanakan selama minimal 6 (enam) semester dan maksimal 10 (sepuluh) semester atau antara 3 – 5 tahun. Program studi D III Kebidanan STIKES Nani Hasanuddin Makassar menerima mahasiswa dari SMA/SMK dari berbagai jurusan. Penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan sekali dalam setahun pada Bulan Mei – Agustus setiap tahunnya.

Visi 

Menghasilkan lulusan ahli madya kebidanan yang profesional, berdaya saing tinggi, dan handal dalam pelayanan kebidanan enterpreneur pada tahun 2020.

Misi 

  1. Menyelenggarakan pendidikan ahli madya kebidanan yang terstandar, berkualitas, berteknologi, dengan mengembangkan kemampuan enterpreneurship didukung suasana akademik yang kondusif dan budaya akademik ilmiah.
  2. Menyelenggarakan penelitian dosen dengan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan pelaksanaan evidenced based practice dalam pelayanan kebidanan.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dengan melibatkan mahasiswa secara aktif untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan kewenangan dan kompetensinya.
  4. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan ahli madya kebidanan yang profesional, berkualitas, enterpreneur yang menguasai teknologi informasi dalam pelayanan kebidanan.
  2. Menghasilkan luaran penelitian kebidanan yang berkualitas, terpercaya, terpublikasi dan memberikan hasil yang dapat dimanfaatkan baik oleh pemerintah, institusi pelayanan kesehatan, petugas kesehatan terutama bidan, dan masyarakat.
  3. Melaksanakan berbagai kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen bersama dengan mahasiswa yang semakin mendekatkan bidan dengan masyarakat untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya baik bagi masyarakat maupun berkontribusi terhadap keunggulannya dalam pelayanan kebidanan komunitas.
  4. Menghasilkan jejaring kerja yang kuat melalui terjalinnya kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang diperlukan untuk mendukung terselenggaranya Tridharma perguruan tinggi.

Sasaran

Sasaran dan Strategi Pencapaian Program Studi D III Kebidanan 2015-2020 secara lengkap dapat dilihat pada dokumen berikut : Klik link berikut untuk Sasaran dan Strategi

Bagi Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa diharapkan agar mengisi kuesioner survey pemahaman Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) program studi, dengan meng-klik KUESIONER PEMAHAMAN VMTS